Inilah 4 Fakta Iis Rosita Dewi Yang Bukan Sekadar Istri Edhy Prabowo




Rancah.id - Sosok Iis Rosita Dewi menjadi sorotan usai dirinya ikut terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Iis Rosita Dewi bukan hanya sekadar istri Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, namun ia juga anggota DPR RI periode 2019-2024.

Iis Rosita Dewi dan Edhy Prabowo ditangkap KPK saat sedang berada di Bandara Soekarno-Hatta. KPK juga menangkap sejumlah orang dari KKP atas dugaan kasus ekspor benur lobster.

"Benar KPK tangkap, berkait ekspor benur," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Rabu (25/11/2020).

Mereka ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta. Usai ditangkap, rombongan dibawa dan tiba di gedung KPK. Penyidik KPK Novel Baswedan terlihat masih berada di gedung KPK saat rombongan tiba.

Iis turut ditangkap KPK bersama Edhy Prabowo dalam OTT pada Rabu (25/11) dini hari sepulang dari Amerika Serikat. Total ada 17 orang ditangkap termasuk Edhy dan istrinya.

"Tadi pagi jam 01.23 WIB di Soetta. Ada beberapa dari KKP dan keluarga yang bersangkutan," ujarnya.

KPKpun telah menetapkan Edhy Prabowo beserta 6 orang lainnya sebagai tersangka kasus suap impor benih lobster. Istri Edhy Prabowo, Iis Rosita pun dibebaskan lantaran tidak masuk dalam 6 orang lainnya yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Lebih lanjut, KPK mengaku belum menemukan keterlibatan Iis dalam kasus dugaan suap ekspor benih lobster. Berdasarkan ekspose tersebut KPK baru menemukan keterlibatan tujuh orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

"KPK sampai menggelar konferensi pers ini sebelumnya telah melakukan gelar perkara, pimpinan dan Pak Satgas, dan kemudian Kedeputian Penindakan. Dalam gelar perkara itu disimpulkan bahwa sejauh ini baru yang 7 orang yang kami sebutkan tadi yang memenuhi minimal pembuktian dua alat bukti. Sejauh ini baru yang 7 orang ini saja," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam konferensi pers di kantornya, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (26/11).

Iis sendiri hanya diperiksa sebagai saksi dan tidak menjadi tersangka. Iis pun dibebaskan oleh KPK.

Berikut 4 fakta menarik mengenai sosok Iis Rosita Dewi yang ikut ditangkap dalam OTT terkait ekspor benur lobster.

Anggota Komisi V DPR RI

Iis Rosita Dewi saat ini tercatat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024. Saat ini, ia duduk di Komisi V DPR yang membidangi perhubungan hingga pekerjaan umum. Dengan demikian, dia tidak bermitra langsung dengan suaminya yang merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan di Komisi IV.

Iis sendiri menggunakan nama 'Iis Edhy Prabowo' di situs resmi DPR dan akun media sosial miliknya. Iis Rosita Dewi tercatat sebagai anggota Fraksi Gerindra (parpol yang sama dengan suaminya) dari daerah pemilihan Jawa Barat II.

Saat dilantik, Iis sempat mengemukakan keinginannya menyuarakan hak-hak perempuan. Kala itu, dia mengungkapkan semangatnya bermitra dengan sang suami yang ada di pihak eksekutif, yaitu sebagai menteri.

"Jika selama ini saya mendukung peran suami saya (Edhi Prabowo) yang sudah jauh lebih dahulu menjadi anggota legislatif dari belakang, mulai hari ini, sejak dilantik menjadi anggota DPR RI, kami akan bermitra dan berjalan berdampingan untuk ikut menyuarakan aspirasi masyarakat luas, khususnya yang berada di dapil kami masing-masing," ujar Iis pada 1 Oktober 2019 seperti dikutip dari situs resmi DPR.

Bagaimana riwayat pendidikan Iis Rosita Dewi?

Riwayat Pendidikan Iis Rosita Dewi

Berdasarkan situs resmi DPR, Iis Rosita Dewi tercatat sebagai lulusan sarjana sastra Inggris dan magister manajemen SDM. Tercatat juga, Iis Rosita Dewi cukup aktif dalam sejumlah organisasi di DPR RI.

Berikut ini riwayat pendidikan dan organisasi Iis Rosita Dewi:

Riwayat Pendidikan:

- SDN 01 Pagi Jakarta

- SMPN 49 Jakarta

- SMAN 14 Jakarta

- S1 Sastra Inggris, STBA LIA Jakarta

- S2 Manajemen SDM, Universitas Trilogi


Riwayat Organisasi:

- RINDRA DPR RI, Sebagai: KETUA. Tahun: 2018 -

- PIRA JABAR, Sebagai: KETUA PEMBINA. Tahun: 2017 -

- KOMUNITAS MOJANG PRIANGAN, Sebagai: KETUA. Tahun: 2017 -

- PIRA DPR-RI, Sebagai: ANGGOTA. Tahun: 2014 - 2018

- PIRA DPR-RI, Sebagai: SEKRETARIS. Tahun: 2010 - 2014

- ANGGOTA PERSAUDARAAN ISTRI ANGGOTA DPR RI, Sebagai: . Tahun: 2009 -

- ANGGOTA PEREMPUAN INDONESIA RAYA, Sebagai: . Tahun: 2009 - 2017


Berapa harta yang dimiliki Iis Rosita Dewi? 

Tercatat Punya Harta Rp 7,1 Miliar

Iis Rosita Dewi memiliki harta kekayaan senilai Rp 7,1 miliar. Iis diketahui memiliki sejumlah tanah dan kendaraan mewah.

Dilihat detikcom dari situs LHKPN KPK, Rabu (25/11/2020), Iis terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 1 Mei 2020. Pelaporan LHKPN Iis masuk kategori pelaporan khusus karena baru awal menjabat sebagai anggota DPR dari Fraksi Gerindra.

Iis Rosita Dewi tercatat memiliki sejumlah kendaraan. Klik halaman selanjutnya.Iis memiliki 8 bidang tanah yang tersebar di Muara Enim, Sumatera Selatan dan Bandung Barat, Jawa Barat serta 2 bidang tanah dan bangunan di Bandung dan Bandung Barat, Jawa Barat. Total aset tanah dan bangunan milik Iis senilai Rp 4.349.236.180.

Memiliki Dua Mobil Pajero Sport-Motor Yamaha RX Ring

Iis Rosita Dewi juga tercatat memiliki 6 alat transportasi. Mulai dari mobil Pajero Sport, hingga motor Yamaha RX King.

Tercatat, Iis memiliki motor Yamaha RX-King tahun 2002 hasil sendiri Rp 4 juta. Kemudian 1 unit Honda Beat tahun 2009 hasil sendiri Rp 6 juta.Lalu Mitsubishi Pajero Sport Jeep tahun 2011 Rp 270 juta, Pajero Sport Jeep 2017 Rp 500 juta. BMC Sepeda Sport hasil sendiri Rp 65 juta dan Honda Genset hasil sendiri Rp 45 juta. Total kekayaan untuk transportasi dan mesin ini mencapai Rp 890 juta.

Selanjutnya harta bergerak lainnya Rp 1.905.530.000, kas dan setara kas Rp 256.520.433, dan utang tercatat sebanyak Rp 230 juta. Sehingga total harta kekayaan istri Edhy Prabowo itu mencapai Rp 7.171.286.613.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel