Tak Peduli Anjuran Kemenkes, FPI Tak Peduli Aturan Karantina 14 Hari untuk Rizieq Shihab



Rancah.id - Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI), Munarman tak ambil pusing aturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang mengharuskan Rizieq Shihab menjalani isolasi mandiri dan membuktikan diri negatif Covid-19 lewat tes swab setelah tiba di Indonesia.

Menurut Munarman, masalah ketentuan karantina mandiri tak perlu pihaknya tanggapi.

"Enggak perlu kami tanggapi hal-hal yang tidak perlu seperti itu (ketentuan karantina mandiri)," kata Munarman saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com lewat pesan singkat, Jumat (6/11).

Sejumlah tokoh yang diketahui memiliki hubungan dekat dengan Rizieq pun menolak menanggapi pernyataan Kemenkes yang mengharuskan Rizieq menjalani isolasi mandiri dan melakukan tes saat tiba di Indonesia.

Salah satunya, Wakil Sekretaris Jenderal PA 212 Novel Bamukmin. Ia meminta agar hal tersebut ditanyakan ke Munarman selaku juri bicara Rizieq.

"Untuk HRS [Habib Rizieq Shihab] langsung ke juru bicaranya saja, Munarman," ujarnya.Sebelumnya, Rizieq memastikan pulang ke Indonesia pada 10 November 2020. Ia mengatakan akan terbang dari Jeddah, Arab Saudi, menuju Bandara Soekarno Hatta pada Senin depan atau 9 November 2020.

Namun, Menko Polhukam Mahfud MD menyebut kepulangan Rizieq kali ini untuk menghindar agar tidak dideportasi Arab Saudi karena pelanggaran imigrasi.

Ia mengatakan Rizieq ingin pulang secara terhormat dan tak ingin dideportasi. Ia pun mengurus segala syarat kepulangannya setelah dinyatakan kelebihan izin tinggal atau overstay selama kurang lebih dua setengah tahun.

"Dia akan dideportasi karena melakukan pelanggaran imigrasi. Nah, sekarang ini dia pulang ke Indonesia, tapi enggak mau dideportasi. Dia ingin pulang terhormat," kata Mahfud.

Sementara, Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan Rizieq pulang ke Indonesia setelah masuk daftar deportasi otoritas imigrasi setempat. Ia pun berpesan kepada Rizieq agak tak malu dengan status di sistem komputer imigrasi Saudi tersebut.

Rizieq telah membantah dirinya terbelit masalah izin tinggal yang kedaluwarsa atau overstay di Saudi. Ia mengklaim selama ini pejabat Indonesia ak memahami aturan soal overstay di Tanah Suci.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel